PELATIHAN PENILAIAN ANGKA KREDIT DOSEN

Setelah melaksanakan Workshop Penilaian Angka Kredit Dosen pada 17 November 2020 dengan menghadirkan narasumber Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Pd. (Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), Project Implementation Unit (PIU) AKSI ADB Universitas Jambi melanjutkan dengan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penilaian Angka Kredit Dosen dan Peer Review. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari (2 dan 3 Desember 2020) diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari Tim Penilai Angka Kredit (PAK) Dosen Tingkat Universitas, Tim PAK Tingkat  Fakultas dan para Reviewer yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Peternakan dan Fakultas Pertanian masing-masing  sebanyak 8 orang, Fakutas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan 6 orang, Fakultas Sains dan Teknologi  9 orang dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  13 orang.

Kegiatan Workshop Penilaian Angka Kredit Dosen 17 November 2020

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ir. Yusrizal, M.Sc., Ph.D. dalam sambutan menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi terhadap aturan-aturan yang ada terkait dengan pengajuan kenaikan pangkat dosen sehingga tidak menimbulkan tafsir yang  berbeda. Pandangan dan persepsi yang sama akan menimbulkan sinergis “rasa” antara Reviewer, Tim PAK Fakultas dan Tim PAK Universitas.

Kegiatan ini juga ditargetkan mampu menghasilkan reviewer untuk peer review yang handal sehingga lebih cepat dalam proses penilaian dan validasi usulan angka kredit dosen. Sumberdaya yang handal akan mampu mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, Perjanjian Kinerja Rektor dan Key Performance Indicator AKSI ADB.

Sesuai dengan Prosedur Kesehatan, peserta dibagi menjadi kelompok dan ditempatkan pada 3 ruang yang berbeda yaitu Ruangn Rapat Senat (Lantai 3 Rektorat), Ruang Aula Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dan Ruang Rapat PIU AKSI ADB.

Pelatihan Penilaian Angka Kredit Dosen bagi Tim PAK dan Peer Review

Materi yang sampaikan lebih difokuskan pada tata cara penilaian “Poin B” yaitu Kegiatan Penelitian. Pelatihan ini diarahkan kepada bagaimana reviewer menyelesaikan sejumlah kasus terkait tatacara penilaian dan validasi karya ilmiah dosen pengusul yang diterbitkan pada media yang juga menjadi objek penilaian. Narasumber yang dihadirkan merupakan Tim Penilai Angka Kredit Dosen Tingkat Univeritas yaitu:

  • Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi (Ketua Tim)
  • Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc. (Penilaian dan Validasi Jurnal Internasional)
  • Prof. Dr. Johannes S.E., M.Si. (Penilaian dan Validasi Jurnal Nasional)
  • Prof. Dr. Ir. Zukarnain, M.Hort.Sc (Penetapan Angka Kredit Dosen)
  • Prof. Dr. rer.nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si. (Hak Kekayaan Intelektual)
  • Urip Sulistiyo, S.Pd.,  M.Ed., Ph.D. (Penilaian dan Validasi Prosiding)
  • Dr. Junaidi, S.E., M.Si. (Penilaian Buku Referensi, Monograf dan Buku Ajar)

Author: PIC Monev

Koordinator Monitoring dan Evaluasi PIU AKSI ADB UNIVERSITAS JAMBI