Pelatihan Pengembangan “Peningkatan Daya Tarik Konten Website melalui Keindahan Photography” AKSI-ADB Tahun 2022

Yogyakarta,- Dalam rangka Peningkatan Kinerja Tim Pengelola Proyek AKSI-ADB, perlu dilakukan program pengembangan kapasitas bagi pengelola Proyek terutama dalam pengelolaan website Proyek AKSI-ADB. Berkenaan dengan hal tersebut Staf HUMAS Universitas Jambi Dimas Anugrah Adiyadmo, S.Pd., M.Pd., Selaku Fotografer dan Tim Project Implementation Unit (PIU) AKSI-ADB Universitas Jambi Martinsyah, S.E selaku Pengelola Website AKSI-ADB UNJA. telah mengikuti Pelatihan Pengembangan Kinerja Pengelola Proyek AKSI-ADB Tahun 2022 dengan tema “Peningkatan Daya Tarik Konten Website melalui Keindahan Photography”  di Hotel Aveon Yogyakarta pada tanggal 21-23 November 2022.

Para Peserta Pelatihan (Klik Gambar untuk memperbesar)

Pelatihan yang berlangsung selama beberapa hari ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas konten website AKSI-ADB secara khusus dan konten-konten lainnya yang berkaitan dengan fotografi di lingkup Perguruan Tinggi. Kegiatan ini sendiri menghunting foto-foto di beberapa destinasi wisata di wilayah Yogyakarta, seperti: Jurang Tembelan, Hutan Pinus, Kampung Batik Giriloyo serta kawasan Malioboro.

Kegiatan ini dihadiri oleh: PMU AKSI-ADB: Agus Margiwiyatno (Project Manager) beserta Tim PMU, Tim Project Implementation Unit (PIU) dan Perwakilan dari empat Perguruan Tinggi AKSI-ADB: UPI, UNRI, UNJA, dan UNIMAL, Staf Direktorat Sumber Daya dan Sekretariat PMU, serta Narasumber: Devizar (Photography Expert).

Manajer PMU AKSI-ADB Dirjendikti Kemdikbudristek, Agus Margiwiyatno, menjelaskan tujuan dilaksanakannya pelatihan fotografi tersebut.

“Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama beberapa hari ini bertujuan untuk meningkatkan kualitan konten website AKSI-ADB secara khusus dan konten-konten lainnya yang berkaitan dengan fotografi di lingkup Perguruan Tinggi. Nanti akan kita hunting foto-foto di beberapa destinasi di kota Yogyakarta ini,” ujar beliau.

Materi Pelatihan ini di isi dengan pemaparan dan diskusi mengenai beberapa topik yang telah diagendakan sebelumnya yaitu:

  • Pada sesi kunjungan, peserta dibebaskan untuk mengambil foto/gambar sebagai bentuk aplikatif dari materi yang disampaikan narasumber.
  • Kunjungan dilakukan di empat sesi/lokasi di wilayah Yogyakarta, seperti: Jurang Tembelan, Hutan Pinus, Kampung Batik Giriloyo serta Kawasan Malioboro.
  • Peserta diminta untuk mengirimkan dua foto terbaiknya di masing-masing sesi/lokasi kepada Panitia yang nantinya akan dipilih 10 foto terbaik yang diambil dan di nilai oleh narasumber.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan masukan bagi dunia fotograpy, khususnya yang berhubungan dengan konten website AKSI-ADB agar memiliki warna yang lebih elegan dan menarik minat pembacanya.

Hasil Bidikan Foto oleh Tim PIU Universitas Jambi (Klik gambar untuk memperbesar)

Di akhir kegiatan dilakukan Pemilihan 10 Foto terbaik hasil bidikan para peserta, dimana Tekstur Kayu Hutan Pinus hasil Bidikan Tim PIU AKSI-ADB Universitas Jambi menempati peringkatan Ke-5 foto karya terbaik yang dinilai oleh Narasumber, serta dilanjutkan dengan sesi tukar kado antar peserta yang dilakukan oleh Panitia.

 

Author: PIU AKSI-ADB UNJA